Selasa, 04 November 2014

Laporan Klien “ RESAH MELIHAT REKAN KERJA YANG MALAS “


Laporan Klien

Masalah

“ RESAH MELIHAT REKAN KERJA YANG MALAS “


Gambaran Masalah : Klien saya ini memiliki masalah yaitu di tempat kerjanya banyak karyawan yang hanya santai-santai saja bekerja padahal dia sudah bekerja sesuai dengan apa yang ia kusai. Dia laki-laki dan dia teknisi di Cv Ardina, yang kerja sebenarnya sebagai teknisi di belakang ruangan, tapi sering juga dia yang melayani pembeli dan orang yang mau servise lap top dan komputernya. Klien saya ini bekerja di sana sudah 1 tahun dan semenjak masuknya satu karyawan baru yang awalnya tujuan agar servise terhadap pelanggan memuaskan, tapi yang terjadi sekarang adalah sampai-sampai teknisi yang melayani pelanggan. Ini terjadi sudah 1 bulan terkhir ini dan yang punya Cv Ardina tersebut belum mengetahui permasalahan yang terjadi di toko. Klien saya ini tidak berani menceritakan kepada pemiliki toko tersebut karena karyawan yang malas dan suka main-main bekarja itu lebih besar umur darinya dan dia takut bos akan memecat karyawan tersebut. “kasihan kita sama dia, baru 1 bulan bekerja di sini lansung dipecat dan kabarnya karyawan baru tersebut berasal dari keluarga kurang mampu. Klien saya bingung mau lakukan apa dan dia tidak sanggup bolak-balik
                                   

Kelengkapan Subjek Pengubah

a.    Pandangan bahwa manusia pada dasarnya baik dan hidup dengan tenang dan tentram. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tampa bantuan dari masyarakat lain. Tuntutan hidup yang manusia itu tidak baik hubungan dengan manusia lain. Permasalahan dalam hidup manusia ini dalam keluarga, masyarakat ini dapat diselesaikan melalui komunikasi yang baik
b.    Pandangan dan sikap bahwa perubahan(diharapkan) terjadi pada diri klien ialah manusia itu hidup dengan rukun, tentram dan saling membantu, dalam hal ini menyangkut diri pribadinya.
c.    Keyakinan bahwa manusia pada dasarnya baik:
v  Manusia pada dasarnya hidup saling membantu dan membahu untuk mencapai tujuan yang baik.
v  Manusia pada dasarnya memiliki dorongan dan kemauan untuk membina komunikasi yang baik antara sesama untuk mencapai hidup sakinah.
d.   Dalam diri manusia ada perasaan tidak mampu untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.
e.    Pengetahuan bahwa bimbingan dan konseling adalah usaha membantu klien untuk menemukan jalan keluar dari permasalahnya agar klien kembali menjalani kehidupan ini tanpa beban.
f.     Pengetahuan dan keterampilan yang menyangkut pendekatan dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Dalam konseling ini saya menggunakan pendekatan secara lansung kepada klien,pendekatan yang berpusat pada perubahan sikap,komunikasi pada diri klien dan mengembangkan secara baik.
g.    Selain dari pendengkatan di atas, saya menggunakan teknik-teknik konseling yang telah saya pelajari pada mata kuliah Teknik Labor satu yang saya pelajari pada semester ganjil.

Langkah-langkah dalam konseling

A.      Hubungan Awal Antara Subjek Yang Akan Berubah Dan Subjek Pengubah
     Penerapan langkah kedua diatas terhadap klien saya menghasilkan kenyataan sebagai berikut:
a.       Klien saya adalah salah seorang karyawan di salah satu Cv Ardina yang ada di kota padang. saya yang mendatangi Cv tersebut dan menjelaskan tujuan dan maksud kedatangan saya ke Cv tersebut. Sebut saja namanya Iqbal (nama samaran)
b.       Karena konselor belum mengenal klien ini, maka saya melakukan perkenalan terlebih dahulu dan menjelaskan tujuan saya dan saya ada tugas dari kuliah dosen. Setelah dia mengerti baru dimulai proses konseling dan saya melakukan penstrukturan penuh, karena memang klien sebelumnya tidak pernah apa itu konseling apalagi proses, prinsip dan azas-azas yang di pakai di dalam Bimbingan dan Konseling.
c.       Hubungan awal, saya berusaha menjelaskan saya siapa mau apa dan saya kuliah di jurusan Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Imam Bonjol Padang sekarang duduk di semester VI. Klien saya ini termasuk klien yang introfer dan memang agak susah saya mendalami permasalahan klien.

B.       Pengkajian Keadaan Awal Subjek Yang Akan Di Ubah
               Penerapan langkah ke-3 ini dan hasilnya terhadap klien saya adalah sebagai berikut: pengkajian ini dimulai dengan membahas apa yang membuat klien saya gerah melihat karyawan yang satu itu? Dan selanjutnya saya mendalami sudah berapa lama ia bekerja di sini dan bagaimana selama ini karyawan di sini?selanjutnya saya mempertanyakan semenjak kapan karyawan tersebut bekerja di Cv Ardina ini dan bagaimana kinerjanya?
Apakah bos tau kondisi dia bekerja demikian dan apa yang membuat anda tidak mau melaporkannya kepada pemiliki Cv Ardina tersebut. apa pernah kamu menegur dia atau memberikan pemahaman kepada karyawan tersebut. bagaimana tipe bosmu? Apa pemarah atau cuek terhadap karyawan

C.      Penetapan Apa Yang Perlu Di Ubah
Penerapan langkah keempat itu terhadap klien saya adalah sebagai berikut:
Klien saya setuju bahwa ia perlu:
v  Berusaha selalu profesional dalam bekerja dalam keadaan apapun
v  Ikhlas dalam bekerja
v  Menganggap karyawan tersebut adalah saudara kita
v  Berusaha akan memberikan nasehat dan pemahaman kepada karyawan tersebut agar mengubah cara dia bekerja.

D.      Penetapan Tujuan Perubahan
Penerapan langkah ke lima ini dan hasilnya terhadap klien saya sebagai berikut:
v  Pada dasarnya tujuan perubahan yang ingin dicapai sudah terlihat dari pertemuan awal, bahwa klien ingin sekali memberikan pengertian dan pemahaman kepada karyawan yang membuat dia gerah itu. Awalnya dia Cuma segan untuk membicarakan lansung dengan karyawan tersebut karena klien saya lebih kecil umurnya dari karyawan tersebut.
v  Tujuan jangka pendek: klien sudah melaksanakan apa yang telah disepakati
v  Tujuan jangka panjang akan tercapai seiring tujuan jangka pendek tercapai.

E.       Perencanaan Usaha Mencapai Tujuan
        Penerapan langkah keenam itu terhadap masalah yang dihadapi klien saya ialah sebagai berikut:
v  Konseling yang dilakukan ini bertujuan untuk mencapai jangka pendek.
v  Ini semua ini menyangkut masalah pribadi klien dan kemauan klien untuk mengatasi keraguannya untuk mengatakan apa yang ia rasakan.
v  Meminta klien untuk melaporkan perkembangan perubahan yang dia lakukan untuk bisa mengatasi ketakutannya menemui ayahnya.

F.       Pelaksanaan usaha
Penerapan langkah ketujuh ini terhadap klien saya ialah sebagai berikut:
Saya melihat pada diri klien saya tidak ada masalah, semua yang ia lakukan berjalan lancar. Saya hanya memberi reinforcement agar kelancaran yang ia perolah tidak berjalan sebentar saja.

G.      Umpan Balik
Saya mulai menilai kemajuan yang klien saya peroleh pada komunikasi kedua melalui telpon. Dia menjelaskan ternyata apa yang ia takuti selama ini kakak itu akan marah dan semisalnya malahan kakak tersebut bilang terima kasih.

H.      Tindak Lanjut
       Penerapan langkah kesembilan itu terhadap klien saya ialah sebagai berikut:
Proses konseling diakhiri pada setelah kami adakan pertemuan pertama. Pada pertemuan berikutnya kita melalui telpon aja lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar